Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Peran Pemerintah


EDS merupakan evaluasi diri sekolah. EDS tidak hanya sekedar rutinitas tahunan. EDS dilakukan oleh sekolah dengan maksud agar sekolah mengetahui kelemahan dan kekuatan sehingga bisa membuat program untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar pendidikan.

Saat ini wali murid memilih sekolah yang baik bagi anaknya, baik dari segi fasilitas maupun KBM. Jika sekolah tidak senantiasa meningkatkan kualitasnya, maka tidak bisa dipungkiri lagi sekolah akan gulung tikar.

Sekolah saat ini sekolah sudah seperti usaha dalam bidang jasa. Pelayanan bagi peserta didik sangat menentukan nasib sekolah. Semakin baik layanannya maka semakin banyak pemilihnya, apalagi jika di dukung dengan prestasi yang baik.

Dengan layanan baik, maka biasanya akan berbanding lurus dengan prestasi yang baik pula. Namun sekolah yang layanannya baik identik dengan biaya yang mahal, sekolah untuk orang – orang berduit. sedangkan sekolah yang murah peminatnya adalah anak – anak orang miskin.

Pemerintah saat ini gencar memperbaiki bidang pendidikan, tetapi sepertinya masih dimanfaatkan oleh pihak – pihak tertentu untuk keuntungan pribadi dan golongan. Proyek – proyek pembangunan sekolah yang seharusnya berkualitas menjadi buruk dengan adanya kolusi dalam penunjukan proyek. Bahkan sekolah pun bisa request untuk minta bantuan, padahal ada sekolah lain yang belum mendapat bantuan sama sekali.

Dalam konteks tersebutlah EDS seharusnya bisa menjadi acuan pemerintah untuk bia melaksanakan pemerataan bantuan pendidikan agar tidak terpusat di beberapa sekolah saja.

Mudah – mudahan wajah cerah pendidikan kita semakin hari semakin tampak, kita sebagai warga harus ikut serta mensukseskan pendidikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s